Penomoran Faktur Pajak Pada Awal Tahun
Ditulis oleh Indra Riana   
Sunday, 10 February 2008

 

Pertanyaan : 

Sehubungan dengan mulainya awal tahun pajak pada bulan Januari 2008, bersama ini saya ingin mengajukan pertanyaan mengenai penomoran faktur pajak standar  yang perusahaan kami keluarkan. Apakah harus mulai dari awal lagi?   

Hendro, Jakarta 

 

Jawaban :

Pak Hendro,Ketentuan mengenai penjelasan penomoran faktur pajak secara langkap dapat anda lihat pada  SE-13/PJ.52/2006 tentang  Penyampaian Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-159/PJ./2006 Tentang Saat Pembuatan, Bentuk, Ukuran, Pengadaan, Tata Cara Penyampaian, Dan Tata Cara Pembetulan Faktur Pajak Standar. Pada prinsipnya setiap awal tahun atau awal tahun takwim nomor faktur pajak harus dimulai dari nomer urut 1 (satu) kembali dan tahun penerbitan Faktur Pajak Standar harus pula di ganti dengan dua digit dari tahun yg berlaku.

Berikut ini adalah contoh penomoran Faktur Pajak Standar pertama anda di tahun 2008 (kode penerbitan 08), berdasarkan 10 (sepuluh) digit terakhir pada awal tahun yaitu : 08-00000001 (kode digit sebelum tahun penerbitan sesuai ketentuan yg berlaku)

Demikian penjelasan kami. (irds)

Terakhir kali diperbaharui ( Sunday, 10 February 2008 )
 
< Sebelumnya