BNI Luncurkan Pembayaran PBB Lewat E-Banking
Ditulis oleh Media Indonesia   
Tuesday, 15 July 2008

JAKARTA--MI: BNI meluncurkan fasilitas pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk objek pajak di seluruh Indonesia melalui electronic banking (e-banking). Dengan fasilitas ini, BNI menargetkan pembayaran PBB melalui BNI meningkat 100% dari sebelumnya.

Peluncuran layanan ini dilakukan dengan melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama tentang Penerimaan Pembayaran dan Pemindahbukuan Hasil Penerimaan PBB secara elektronik antara Dirut BNI Gatot M Suwondo dengan Dirjen Pajak Depkeu Darmin Nasution di gedung Danaphala, Jakarta, Selasa (15/7).

Menurut Gatot, fasilitas ini meliputi dengan BNI ATM, phonebanking BNI PhonePlus dan BNI Internet Banking. Fasilitas tersebut diberikan untuk memberi kemudahan, kepraktisan, dan kenyamanan pembayaran PBB bagi nasabah BNI dan BNI Syariah tanpa terkendala lokasi dan waktu pembayaran.

Selama ini, pembayaran PBB hanya dapat dilakukan dengan 33 kantor cabang dan sekarang dapat dilayani di seluruh kantor cabang BNI dengan fasilitas e-banking. "Dengan fasilitas pembayaran elektronik ini, kami targetkan pembayaran PBB melalui BNI dapat meningkat 100 persen dari sebelumnya," ungkap Gatot.

Selain sosialisasi dan promosi, BNI juga memberikan hadiah bagi nasabah yang melakukan pembayaran PBB melalui fasilitas e-banking. "Kalau melihat Wajib Pajaknya jumlahnya 55 juta. Ini adalah satu penerimaan yang sangat besar, dibanding Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) di bidang pajak yang hanya 6 juta," katanya.

Pembayaran PBB secara elektronik sendiri telah dimulai sejak pertengahan Agustus 2002. Dengan penandatanganan kerja sama ini, Bank BNI akan menjadi bank tempat pembayaran PBB elektronik ke sepuluh dengan jangkauan layanan untuk objek pajak di seluruh Indonesia.

Darmin menilai, pelayanan pembayaran PBB e-banking sangat diperlukan oleh wajib pajak yang jumlahnya besar tersebut. "Dengan kegiatan e-banking kita perbaiki layanan dan bisa menggunakan struk pembayaran sebagai bukti bayar," tambahnya. (Ray/Toh/OL-06)

(Heni Rahayu)

Sumber : Media Indonesia
Tanggal: 15 Juli 2008

 
< Sebelumnya   Selanjutnya >