Pengusaha tolak rencana pajak ekspor tambang
Ditulis oleh Kontan.co.id   
Friday, 13 April 2012

JAKARTA. Pengusaha pertambangan mineral dan batubara menolak pemberlakuan pajak ekspor 15% bagi sektor mineral dan batubara. Mereka beralasan, pajak ekspor bisa membebani perusahaan pertambangan yang sudah membayar pajak dalam jumlah yang cukup besar.

"Tak masalah jika pemerintah meningkatkan pendapatan dengan pajak baru, tetapi pemerintah harus memastikan bahwa semua perusahaan tambang mendapatkan perlakuan yang sama, "ujar Syahrir Abubakar, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Indonesia (IMA) di Jakarta, Kamis (11/4).

Selain itu, Syahrir menyayangkan tidak adanya pembicaraan atau pembahasan rencana pajak ekspor itu dengan perusahaan tambang.

Sependapat dengan Syarir, Supriatna Suhala, Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI). Ia bilang, semua perlakuan terhadap perusahaan tambang di Indonesia harus disamakan, tidak ada istilah anak tiri atau anak kandung.

"Yang kami butuhkan adalah perlakuan yang sama. Sekarang ini, perusahaan tambang membayar pajak dan royalti dalam jumlah dan nilai yang berbeda, " katanya melalui telepon.

Sumber : Kontan.co.id
Tanggal: 12 April 2012

 
< Sebelumnya   Selanjutnya >